Bukit Cendana

Bukit Cendana merupakan salah satu obyek wisata yang tergolong baru di Kulon Progo. Diresmikan oleh Pemda setempat pada tahun 2017 lalu, tempat wisata yang satu ini masih belum seramai obyek wisata bukit lainnya di Kulon Progo, sebut saja Kalibiru. Meski memiliki konsep yang sama seperti Kalibiru, yakni terdapat spot foto gardu pandang yang menyajikan pemandangan Waduk Sermo dan hamparan hijau pegunungan, tempat yang satu ini tak kalah menarik untuk dikunjungi.

Untuk dapat naik ke bukit Cendana, kamu hanya perlu jalan kaki selama 5 sampai 10 menit dari tempat parkir. Setelah sampai di atas bukit, kamu akan mendapati sebuah gardu pandang berkonsep spot foto yang tentunya dapat kamu gunakan untuk berselfie dengan background lansekap Waduk Sermo. Gardu pandang bukit Cendana ini berbeda dengan Kalibiru. Jika Kalibiru gardu pandangnya yang populer berbentuk persegi yang terbuat dari kayu, maka di bukit Cendana ini kamu akan mendapati gardu pandang berbentuk huruf V yang luas. Disini, kamu dapat betah berlama-lama bersantai menikmati segarnya udara pegunungan bersama keluarga atau pun teman-teman kamu.

Sebagai obyek wisata yang tergolong baru, fasilitas yang ada di bukit Cendana ini masih kurang maksimal karena masih dalam tahap pengembangan. Oleh karenanya, ketika kamu ingin naik ke gardu pandang, kamu harus lebih berhati-hati karena pengaman yang diberikan belum lengkap. Waktu terbaik untuk datang di bukit Cendana ini adalah saat sunrise dan sunset tiba.

Kawasan bukit Cendana ini lokasinya tak begitu jauh dari Waduk Sermo dan juga wisata alam Kalibiru, tepatnya berada di Dusun Tegiri 2, Hargowilis, Kokap, Kulon Progo. Lokasi tempat wisata ini pun sudah tersedia di Google Maps, pastinya kamu tak akan kesulitan untuk dapat sampai ke tempat ini. Untuk dapat masuk di bukit ini, kamu pun tak perlu membayar retribusi masuk karena hingga saat ini belum ditetapkan oleh Pemda setempat. Kamu hanya perlu merogoh kocek untuk parkir saja sebesar Rp. 2.000,- / motor.