Bukit Lintang Sewu

Kabupaten Bantul tampaknya memiliki banyak sekali destinasi wisata puncak dan bukit populer di Jogja, seperti salah satu yang terbaru adalah Bukit Lintang Sewu. Lokasi persisnya berada di Desa Muntuk yang termasuk areal Kecamatan Dlingo. Destinasi wisata alam yang satu ini berada di bawah pengelolaan pemerintah daerah dan statusnya masih dalam tahap pengembangan. Jaraknya sejauh 21 kilometer dari pusat Kota Yogyakarta dan dapat ditempuh dalam waktu kurang dari satu jam.

Pengembangan Bukit Lintang Sewu

Proses pembangunan serta pengembangan Bukit Lintang Sewu sebagai destinasi wisata umum sebenarnya sudah dimulai sejak awal tahun 2016, namun untuk beberapa alasan tertentu, proses tersebut berjalan relatif lambat hingga tahun 2018 di mana berarti telah dua tahun berselang belum juga selesai. Namun, beberapa spot foto cantik dan fasilitas umum yang penting sudah tersedia, sehingga wisatawan tidak perlu merasa khawatir ketika menjadikan Bukit Lintang Sewu sebagai pilihan menghabiskan akhir pekan.

Spot Foto, Panorama, Dan Fasilitas Penunjang Bukit Lintang Sewu

Panorama alam yang ditawarkan oleh Bukit Lintang Sewu pada dasarnya hampir sama dengan bukit-bukit lain di Yogyakarta. Namun, yang membuat istimewa adalah spot-spot foto unik yang disediakan oleh pengelola di mana wisatawan dapat bebas berswafoto tanpa perlu mengeluarkan dana tambahan lagi. Spot foto tersebut antara lain berupa gardu pandang berbentuk telapak kaki raksasa, lampu raksasa berbentuk bintang, dan juga gapura yang mirip areal perbatasan zaman kerajaan.

Bukit Lintang Sewu lebih dikenal dengan panorama sunrise atau matahari terbitnya dibandingkan dengan pemandangan saat matahari tenggelam. Supaya dapat menikmati sunrise tersebut, sebaiknya wisatawan menginap di camping ground yang sudah disediakan pengelola. Selain lokasi kemah, fasilitas pendukung lain berupa toilet umum, areal parkir, serta warung penjaja makanan.

Tiket Masuk Dan Retribusi Lain Bukit Lintang Sewu

Wisatawan dikenakan tarif tiket masuk sebesar Rp. 3.000,- rupiah per orang untuk memasuki areal Bukit Lintang Sewu tanpa menginap. Jika berkemah di lokasi akan dikenakan Rp. 10.000,- per orang. Sementara biaya parkir variatif antara Rp. 2.000,- hingga Rp. 5.000,- tergantung kendaraan yang digunakan.