Puncak Dipowono

Yogyakarta menjadi kota yang banyak dikunjungi wisatawan ketika masa liburan. Tidak hanya di kotanya saja melainkan kawasan Jogja lain juga cukup menarik perhatian wisatawan. Salah satu lokasi yang juga menarik untuk dikunjungi ketika masa liburan adalah kawasan Kulon Progo.

Kulon Progo menjadi salah satu lokasi wisata yang menyajikan panorama alam yang indah untuk dinikmati yakni Puncak Dipowono. Obyek Wisata ini berada di lokasi Jl. Clereng Tanaman, Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kulon Progo. Puncak Dipowono nyatanya sudah tidak asing bagi wisatawan lokal, pasalnya di hari biasa pun tempat wisata tetap ramai.

Menariknya Puncak Dipowono adalah kamu bisa melihat ke arah selatan yakni landscape pantai Glagah dan kawasan Magelang. Dan jika melihat ke arah barat, maka kamu akan disajikan pemandangan kota Purworeja dan Congot. Sedangkan jika melihat ke sisi timur maka akan disuguhkan pemandangan gunung icon Jogja yakni Gunung Merapi.

Dengan pemandangan yang membentang luas tersebut tentunya sangat pas untuk menikmati panorama alam yang masih asri tersebut. Dengan warna hijau perbukitan menjadi salah satu relaksasi bagi kamu yang disibukkan dengan rutinitas yang padat. Bahkan kamu akan merasa lebih nyaman ketika melihat pemandangan yang luas tersebut.

Sebenarnya, Puncak Dipowono ini masih satu kawasan dengan obyek wisata Kali Biru. Selama sehari di Kulon Progo maka kamu sudah bisa menikmati dua obyek wisata yang berbeda. Khusus untuk puncal Dipowono, kamu akan disajikan pemandangan luas terlebih apabila langit sedang cerah maka pemandangan akan jauh lebih indah lagi.

Adapun rencana untuk mengembangkan obyek wisata ini, Kelompok Hutan Kemasyarakatan Sido Akur sedang mempersiapkan fasilitas untuk melengkapi kawasan lokasi wisata tersebut. Rencana kedepan yang akan dilakukan adalah akan adanya area outband dan lengkap dengan fling fox.

Untuk menuju ke lokasi ini maka kamu bisa memilih rite dari arah Jogja menuju ke Wates kemudian kamu akan melalui jalan Jogja-Wates. Nah, apabila sudah sampai ke patung Kuda Kota Wates maka ambil ke arah kanan menuju alun-alun Wates. Ketika sampai ke waduk Sermo tinggal ikuti jalan di pinggir waduk hingga menemukan papan petunjuk ke Kalibiru. Setelah menemukan dua papan petunjuk maka belok kanan menuju ke Puncak Dipowono.